Tentang rheumatoid arthritis dan pengobatannya

Advertisement
Tentang rheumatoid arthritis dan pengobatannya - Rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang berbahaya setidaknya sekitar 2.000.000 warga amerika serikat terserang penyakit ini. Para penderitanya pun beragam, mulai dari anak - anak sampai orang dewasa. Namun jika ditinjau dari banyaknya penderita, usia 40 sampai 60 tahunlah yang paling banyak penderitanya. Namun yang menjadi permasalahannya adalah meskipun penderita penyakit ini sudah sangat banyak, tapi sampai sekarang penyebab penyakit autoimun ini belum juga diketahui.

Penyakit rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang mengakibatkan peradangan kronis pada sendi - sendi manusia. Mungkin beberpa diantara anda semua ada yang belum mengethaui apa itu autoimun. Autoimun adalah suatu kelainan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh manusia dimana sistem kekebalan tubuh menyerang organ - organ yang terdapat dalam tubuh. Uniknya lagi penyebab kelainan ini bukan karena virus, bakteri atau organisme parasit lainnya melainkan karena kegagalan fungsi kekebalan tubuh itu sendiri.

Sistem kekebalan tubuh yang sehat tidak akan menyerang diri sendiri melainkan akan melindungi tubuh dari zat - zat asing yang sekiranya membahayakan. Sel - sel darah putih akan memproduksi antibodi untuk proses perlindungan. Namun, ketika rheumatoid arthritis ini hadir, sistem kekebalan tubuh mencoba untuk menghancurkan jaringannya sendiri yang sehat karena menyangka jaringan yang sehat itu adalah musuh. Sistem kekebalan tubuh akan menyerang selaput membran tipis yang terdapat pada sendi. Hal ini akan menyebabkan nyeri, peradangan, kemerahan, bengkak dan panas pada daerah persendian. Jika ini tidak dihentikan maka sesuatu yang buruk akan terjadi, sendi - sendi dalam tubuh manusia akan rusak.

Berdasarkan pemaparan diatas tentang bahaya dari rheumatoid arhthritis maka kita harus waspada dan tahu cara untuk mengatasi sekaligus mengobati bagaimana cara menangani permasalahan ini. Karena dengan kita membekali diri kita dengan ilmu tersebut maka kita akan tahu dan mengerti tentang cara mencegah dan mengatasinya.

Pengobatan paling umum dan yang paling sering dilakukan untuk menangani permasalahan ini adalah dengan pengobatan secara medis yang bisa dikonsultasikan langsung ke dokter ahli. Ada dua fokus utama dalam pengobatan ini yaitu mengurangi peradangan dan mengurangi gejala. Dokter akan memberikan resep obat jika permasalah belum terlalu parah. Bila pasien menunjukan potensi kecil untuk kerusakan sendi, obat - obatan seperti polaquenil, azulfidine dan minocin bisa dipergunakan. Namun jika ini tidak berefek sedangkan kerusakan sendi bisa dibilang parah maka jenis obat pun harus ditingkatkan lagi, obat seperti orencia dan rituxan merupakan beberapa diantaranya yang bisa digunakan. Akan tetapi jika kasusnya sudah sangat berbahaya dan cara pemberian obat kurang optimal mungkin jalan operasi bisa menjadi solusi terbaiknya.

Comments :

0 comments to “Tentang rheumatoid arthritis dan pengobatannya”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.