Tips Kesehatan Wanita Sepanjang Siklus Kehidupan

Advertisement
Tips Kesehatan Wanita Sepanjang Siklus Kehidupan - Setiap manusia dilahirkan untuk menjalani hidup sebaik - baiknya, termasuk di dalamnya berkaitan dengan kesehatan. Khusus bagi anda seorang wanita, kesehatan merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan karena wanita sangat rentan sekali dari yang namanya penyakit. Tubuh wanita tidak seperti tubuh pada pria, yang mana tubuh pria biasanya memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik ketimbang wanita. Itu bisa terjadi karena beberapa sebab mungkin karena susunan tubuhnya atau juga bisa dari gaya hidupnya yang tidak sehat.

Wanita dalam menempuh kehidupan ini akan menemukan beberapa fase yaitu : konsepsi, bayi dan anak, remaja, usia subur dan lanjut usia. Dari kelima fase yang disebutkan tadi harus dijaga dan diperhatikan dengan baik. Karena tidak menutup kemungkinan salah satu diantara bebrapa fase tersebut mengalami masalah dalam hal kesehatan. Nah mengingat hal tersebut dibawah akan dijelaskan beberapa tips ampuh untuk menjaga kesehan wanita sepanjang siklus kehidupannya :


1. Atur pola makan anda
Salah satu cara yang tepat agar anda bisa mendapatkan kesehatan dan kebugaran tubuh adalah dengan cara mengatur pola makan sehat. Ini merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh mengingat segala  macam yang masuk kedalam tubuh akan mngalami proses pencernaan dan akan disalurkan ke seluruh tubuh. Jika yang masuknya adalah sesuatu yang buruk maka tubuh kita pun akan menjadi ikut - ikutan buruk sebaliknya jika asupan yang masuk kedalam tubuh adalah sesuatu yang baik maka tubuh kita akan baik juga. Oleh karena itu untuk mendapatkan sesuatu yang baik untuk tubuh konsumsilah makanan yang bagus untuk tubuh, hindarilah makanan seperti junk food, makanan dengan kadar kolesterol tinggi, berlemak dan makanan - makanan sejensinya ini hanya akan membuat tubuh menjadi tidak fit, terkadang makanan seperti ini juga bisa menyebabkan depresi, lelah, lunglai dan kulit menjadi tidak sehat.

2.  Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari
Usahakanlah untuk mengkonsumsi air sebanyak - banyaknya, minimal 8 gelas air putih setiap hari. Terbukti dengan meminum air itu mampu untuk membersihkan tubuh dari kotoran - kotoran yang melekat di dalam tubuh. Untuk seorang wanita menyusui meminum beberapa gelas air adalah sesuatu yang penting dilakukan mengingat itu mampu untuk menghindarkan si ibu dari dehidrasi dan juga mampu untuk menjaga kualitas air susu. Tapi yang perlu diingat janga terlalu banyak minum air juga untuk ibu hamil dikhawatirkan air susu menjadi terlalu encer, hal yang paling baik dilakukan adalah meminum air secukupnya dan seimbang. Bagi anda yang bukan seseorang yang tidak sedang menyusui, meminum air setidaknya delapan gelas per hari mampu mencegah resiko penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal adalah sesuatu yang membuat si penderitanya tersiksa, dan jika anda mendengar dan melihat langsung gejala si penderita penyakit ginjal anda pasti akan langsung mempertimbangkan untuk mengkonsumsi banyak air tiap harinya.

3.  Konsumsi suplemen - supleman penunjang kesehatan tubuh
Jika anda tengah memulai untuk menggawali prilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari - hari. Mengkonsumsi suplemen bervitamin dan bermineral sangatlah penting untuk dipertimbangkan. Ini akan membantu anda untuk tetap mempertahankan bahkan meningktkan kualitas kesehatan anda. Khusus untuk wanita ada beberapa mineral yang baik untuk tubuh semisal kalsium dan besi. Kalsium sangat baik untuk kesehatan tubuh wanita baik itu muda sampai tua, terlebihnya lagi bagi mereka yang sudah memasuki usia manupause kalsium sangat diperlukan mengingat ini mampu untuk meningkatkan kekuatan tulang dalam rangka mencegah dari yang namanya osteoporosis. Sedangkan zat besi  sangat diperlukan oleh para wanita yang sedang menstruasi terlebih lagi jika darah yang dikeluarkan terhitung sangat banyak.

4. Olahraga yang teratur
Berolahraga meruapakan salah satu kegiatan yang membuat tubuh menjadi sehat. Racun yang berada di dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keluarnya keringat. Selain itu dengan berolahraga setiap hari mampu mengurangi tingkat stres dan membuat pikiran fresh. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dengan kita membiasakan diri untuk berolahraga. Oleh karena itulah sebisa mungkin untuk memasukan olahraga ke dalam jadwal kehidupan anda. Bila anda menganggap kegiatan ini sulit untuk dilakukan karena jadwal kegiatan yang padat cobalah untuk mengakalinya. Salah satunya jika anda ingin bekerja dan jarak antara rumah dan tempat anda bekerja tidak terlalu jauh biasakan untuk berjalan kaki atau setidaknya menggunakan sepeda. Jika anak anda sedang bermain cobalah untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan bermain si anak, karena selain dapat meningkatkan keakrabat antara anak dan ibu ini juga akan membuat tubuh untuk selalu bergerak.

Namun bila anda memiliki sedikit waktu, cobalah untuk melakukan kegiatan yoga karena manfaat dari olahraga yoga banyak sekali. Yoga mampu membuat sendi - sendi tubuh bergerak aktif, pikiran menjadi tenang dan membuat tubuh menjadi segar dan sehat. Untuk tutorial yoga sendiri anda bisa menemukannya di buku, majalah atau Internet. Banyak sekali sumber yang menyediakan informasi tentang olehraga yang satu ini.

5. Hindari stress
Stress merupakan keadaan dimana seseorang mengalami gejala gangguan psikis sebagai akibat dari banyaknya persoalan dan masalah. Keadaan ini meskipun bersifat psikologis namun jika dibiarkan akan berimbas ke kesehatan fisik yang ujung - ujungnya akan merusak kesehatan tubuh. Langkah yang bagus untuk bisa membuat diri terhindar dari stress adalh dengan menganggap segala sesuatunya itu ringan dan percaya bahwa segala sesuatunya sudah ada yang mengatur. Dengan kita percaya dan mengingat hal tersebut, maka ketegangan dan stress di dalam diri bisa berkurang. Olahraga pun merupakan beberapa cara lain untuk bisa mengurangi tingkat stress pada diri seseorang.

Perlu anda ketahui, seseorang yang menderita stress akan menghasilan hormon adrenaline dari dalam tubuhnya serta akan memproduksi zat - zat lai di dalam tubuh. Yang mana kesemuany akan berefek negatif terhadap tubuh. Otot - otot jantung akan terpengaruh dari dampak ini selain itu seseorang yang mengalami stress terancam juga dengan yang namanya insomia, yaitu suatu gejala seseorang kesulitan dalam tidur.

6.  Jangan terlalu lama di bawah terik matahari
Memang benar sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, khusunya untuk tulang. Selain itu di dalam sinar matahari terdapat kandungan - kandungan yang memapu menyehatkan jantung dan mencegah dari jenis kangker tertentu. Namun yang perlu anda perhatikan, paparan sinar matahari yang sehat itu adalah sekitar 2 sampai 10 menit sehari. Itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, lebih dari itu bukannya akan semakin baik melainkan sebaliknya sesuatu yang buruk bisa terjadi dan membuat kesehatan tubuh terancam. Menurut penelitian seseorang yang terus - terusan terpapar sinar matahari meningkatkan resiko terkena penyakit kanker kulit sebesar 30%.  Oleh karena itu hindarilah kegiatan - kegiatan yang terlalu lama terpapar paparan sinar matahari. Jika pun memang sulit untuk dihindari karena faktor pekerjaan atau lain - lain salah satu solusinya adalah dengan mempergunakan krim yang mengandung sun protector factor atau dikenal dengan SPF. Krim yang mengandung SPF mampu menjaga kulit dari sinar ultra violet, paling tidak gunakanlah krim yang mengandung SPF minimal 15.

7. Lakukan pemeriksaan pap smear secara rutin
Tes pap smear adalah suatu jenis tes yang dilakukan untuk menscreening leher rahim dari ancaman penyebab penyakit kanker serviks. Jenis penyakit ini disebabkan oleh suatu virus yang diberi nama Human Papilloma Virus (HPV). Di inggris metode pap Smear telah menyelamatkan 700 wanita dari ancaman kematian setiap tahunnya. Bahkan menurut penelitain tes PAP smear mampu menurunkan persentase wanita meninggal akibat kanker serviks sebanyak 50%. Mengetahui hal tersebut sebaiknya anda dan para wanita di Indonesia khusunya bagi mereka yang sudah dan masih aktif berhubungan suami istri dengan pasangannya untuk melakukan pemeriksaan ini secara berkala paling tidak satu tahun sekali. Karena ini sangat penting dan bermanfaat sekali untuk mencegah dari sesuatu yang tidak diinginkan.

8. Jagalah kesehatan gigi dan mulut
Mungkin beberapa diantara ratusan wanita di dunia banyak yang mengabaikan tentang yang satu ini. Padahal jika ditinjau dari segi pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh, ini sangatlah penting dan terkesan harus dilakukan. Kita tahu sendiri segala bentuk jenis makanan yang masuk kedalam tubuh akan melewati mulut terlebih dahulu, ini tentunya sangat berpotensi besar membuat bakteri dan virus menetap di dalam mulut. Akibat yang dihasilakannya pun beraneka ragam mulai dari sariawan sampai kanker mulut. Selain berakibat penyakit, seseorang yang tidak memikirkan kesehatan mulut akan mengurangi keindahan dia dalam berpenampilan. Gigi yang kuning, berlubang dan karang gigi akan terlihat pada saat tersenyum atau tertawa. Apalagi jika yang mengalaminya adalah seorang wanita, ini tentu bukan sesuatu yang bagus dan akan mengurangi kecantikannya.

Comments :

0 comments to “Tips Kesehatan Wanita Sepanjang Siklus Kehidupan”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.