Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome

Advertisement
Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome - Penyakit Carpal Tunnel Syndrome adalah sebuah penyakit yang terjadi pada daerah tangan seperti jari - jari dan pergelangan tangan yang gejalanya berupa sensasi rasa sakit atau mati rasa. Kebanyakan para penderita carpal tunnel syndrome adalah mereka yang dalam pekerjaan sehari - harinya lebih sering mempergunakan tangan. Seperti pekerja kantor, pianis, drummer dan penulis. Penykit ini akan muncul sebagai akibat dari kebiasaan memprioritaksan penggunaan tangannya dalam waktu yang lama.

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk mengobati permasalah dari penyakit ini, berikut akan dipaparkan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati Carpal Tunnel Syndrome. 

Melalui Proses Operasi
Saat ini biasanya dokter akan memberi nasehat kepada si pasien untuk menjalani operasi untuk pengobatan sindrom ini.  Operasinya sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama, sehingga pasien tidak perlu untuk menginap di rumah sakit. Akan tetapi meskipun operasinya tergolong sangat cepat, namun proses pemulihannya yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, bahkan bisa sampai 2 bulanan. Inilah yang terkadang menjadi kerisauan para pasien. Selain waktu pemulihannya yang lama, pasien juga dirugikan dengan ancaman bekas luka dari hasil operasi tersebut.

Melalui Obat dan Suntikan
Sekarang ini terdapat banyak sekali resep obat yang bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh sindrom Carpal Tunnel. Obat yang paling populer adalah obat anti-inflamasi yang biasanya di sarankan oleh para dokter. Namun yang harus diperhatikan disini, meskipun obat tersebut adalah resep dari dokter, si pasien harus tetap berhati - hati dalam mengkonsumsi obat karena bisa saja ada efek jangka panjang jika terlalu sering mengkonsumsi obat semacam ini. Mungkin obat ini bisa meringankan rasa sakit untuk sementara waktu, akan tetapi akar dari permasalahnya tidak sepenuhnya hilang. Oleh karena itu lebih baik jangan terlalu untuk membiasakn mengkonsumsi obat tersebut.

Selain pemberian resep obat terkadang dokter juga menyarankan si pasien untuk di suntik. Karena pada dasarnya suntikan akan lebih efektif untuk menghilangkan rasa nyeri ketimbang resep obat. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah mampu atau tidak si pasien membayar biaya pengobatan karena meskipun suntikan lebih efektif ketimbang pemberian obat akan tetapi tarifnya lebih mahal.

Merubah Pola Hidup
Penyebab utama dari pnyakit Carpal Tunnel adalah kebiasaan yang dilakukan oleh si pasien dalam waktu bertahun - tahun. Fakta mengatakan bahwa hampir setiap orang yang menderita penyakit ini adalah mereka  yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan penggunaan tangan dalam proses pekerjaannya tersebut. Terus bagaimana cara mengatasinya jika pekerjaan itu merupakan satu - satunya penghasilan si pasien? Apakah mereka harus berhenti? Tentu tidak seperti itu juga. Ada stu alternatif  yang bisa anda gunakan. Yaitu dengan merubah pola hidup si pasien. Ketika saat bekerja dan sudah merasakan lelah pada bagian tangan, hentikan dan beristirahatlah. Ini sangat bermanfaat untuk meregangkan otot - otot yang tegang akibat bekerja.

Mengatur Pola Makan yang Baik
Ingatlah pola makan sangat menentukan kualitas kesehatan tubuh. Salah dalam mengkonsumsi suatu makanan akan berakibat patal dan bisa membahayakan tubuh. Oleh karenanya hindarilah makanan - makanan non - alami, seperti bumbu penyedap dan lain-lain. Ini dilakukan untuk memastikan tubuh terhindar dari yang namanya toksin dan raun - racun yang bisa membuat tubuh sakit. Alternatif yang bagus adalah mengkonsumsi sayuran (organik)  dan banyak makan buah - buahan. Selain itu minumlah banyak air setiap harinya karena air mampu membersihkan saraf dan meringankan rasa sakit yang terdapat dalam tubuh.

Latihan Pergelangan Tangan
Metode latihan pergelangan tangan merupakah salah satu metode yang bagus digunakan untuk mencegah sekaligus untuk mengobati penyakit Carpal Tunnel Syndrome. Kegiatan ini mampu membuat otot - otot pergelangan mejadi meregang dan kembali ke keadaaan sedia kala. Pasien yang sudah menjalani operasi pun(setelah 2 bulan) sering disarankan oleh para dokter untuk melakukan latihan pergelangan tangan karena ini sangat membantu untuk mencegah kembalinya gejala Carpan Tunnel.

Diatas merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sekaligus mencegah dari Carpal Tunnel Syndrome. Jika merasakan diri anda mengalami gejala seperti yang diceritakan diatas, yaitu merasakan sakit di daerah tangan. Cobalah lakukan salah satu cara di atas.  Namun jika anda tidak mengalaminya, ini bisa dijadikan informasi tambahan buat anda dan tentunya akan menambahkan wawasan anda tentang penyakit Carpal Tunnel Syndrome.

Comments :

0 comments to “Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.