Penyakit Herpes Genital pada Wanita

Advertisement
Herpes Genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan karena virus simpleks atau dikenal dengan HSV. Jenis penyakit ini akan menyebabkan sesuatu yang buruk bagi tubuh manusia salah satunya adalah kemunculan luka pada daerah vagina, paha, mulut dan pantat.

Ketika virus masuk ke dalam tubuh, si penderita tidak akan langsung menyadari bahwa dirinya terinfeksi virus simpleks. Virus akan mengalami dormansi terlebih dahulu di dalam tubuh sampai pada suatu saat akan terpicu oleh suatu hal sehingga virus benar - benar aktif dan mulai menyebabkan herpes genital pada tubuh. Pada saat inilah seseorang mulai menyadari bahwa dirinya menderita penyakit herpes genital.

Di negara maju seperti amaerika serikat penderita penyakit ini terhitung cukup tinggi. Dari statistik didapat bahwa 1 dari 4 wanita disana menderita penyakit herpes sedangkan untuk pria 1 berbanding 6 orang. Meskipun diantara pria dan wanita memiliki tingkat penderita penyakit herpes yang sama - sama tinggi, akan tetapi dari statistik menunjukan bahwa wanita lebih tinggi jumlahnya. Melihat fakta tersebut terbukti bahwa penyakit herpes banyak diderita oleh para wanita. Oleh karena itu para wanita harus berhati - hati dari penularan penyakit ini.

Penyakit Herpes Genital pada Wanita
Gejala Herpes
Selain mudah sekali menyerang wanita, gejala yang akan dirasakan oleh wanita pun akan lebih menyakitkan dibandingkan dengan penyakit herpes genital yang menyerang pria. Itu terjadi karena anatomi tubuh wanita itu sendiri, hal tersebut  sangat berperan besar terhadap rasa sakit berlebih yang dialami seorang wanita yang menderita herpes genital.

Penyakit herpes genita pada wanita bisa disebabkan oleh 2 jenis virus simpleks. Dua jenis virus simpleks tersebut adalah HSV tipe 1 dan HSV tipe 2. Untuk jenis HSV tipe 1, virus ini akan mengakibatkan munculnya lecet serta luka pada bagian mulut. Ini bisa terjadi akibat seseorang yang melakukan oral sex. Sedangkan untuk jenis HSV tipe 2, penularan terjadi melalui kontak seksual antara si penderita herpes genital dengan pasangannya yang sehat.

Adapun untuk gejala penyakit herpes genital pada perempuan hampir sama dengan penyakit herpes genital pada pria. Yang mana gejala awal dari penyakit tersebut sering diawali dengan rasa terbakar pada daerah tertentu. Selanjutnya akan disusul dengan munculnya luka dan lecet pada daerah tersebut. Biasanya penderita pun akan mengalami gejala flu dan demam. Selain itu gejala pembengkakan kelenjar limfe dan sesak nafas pun muncul.


Comments :

1

Apa yang menyebabkan herpes Zoster? Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster, virus yang sama menyerang cacar air. Virus ini bersarang dalam tubuh Anda dan kemudia bisa muncul sebagai herpes Zoster.

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.