Gejala Cacingan Pada Orang Dewasa yang Harus Anda Ketahui

Advertisement
Gejala Cacingan Pada Orang Dewasa yang Harus Anda Ketahui - Mungkin salah satu diantara anda semua ada yang berfikir bahwa penyakit cacingan hanya akan menyerang anak kecil saja. Ini dikarenakan banyak sekali kasus penderita cacingan yang kebanyakan dari kalangan anak - anak. Perlu kita ketahui bersama, kasus cacingan memang kebanyakan menyerang anak kecil tapi bukan berarti orang dewasa bisa terbebas dari ancaman penyakit ini. Orang dewasa pun memiliki potensi yang tidak kalah besar dengan anak kecil.

Orang dewasa bisa terkena cacingan dikarenakan oleh beberapa sebab, salah satu diantaranya adalah kesalahan dalam mengkonsumsi makanan. Bisa saja makanan yang dikonsumsinya tersebut mengandung cacing - cacing telur yang kemudian berkembang biak di dalam tubuh. Selain itu bisa juga cacing masuk ke dalam tubuh dari sesuatu yang tidak higienis. Semisal ketika hendak makan tidak mencuci tangan terlebih dahulu atau juga bisa jadi sendok yang digunakan untuk memasukan makanan ke dalam mulut kotor dan mengandung telur - telur cacing.

Jenis cacing yang biasa berkembang biak pada tubuh orang dewasa adalah cacing cambuk dan cacing gelang. Cacing cambuk atau bisa disebut juga Trichuris Trichiura merupakan jenis cacing yang umumnya tumbuh di usus besar dan usus halus pada tubuh manusia, gejala yang diakibatkan dari cacing ini adalah dapat berupa diare kronis dan sakit pada daerah perut sebelah kiri. Sedangkan cacing gelang adalah cacing yang umumnya tumbuh dan berkambang biak di usus 12 jari. Gejala seseorang menderita penyakit cacingan dari jenis cacing ini adalah berupa kembung, mual dan muntah.

Dampak dan gejala yang terjadi sebagai akibat masuknya cacing kedalam tubuh sangatlah merugikan manusia. Tubuh menjadi tidak sehat dan mampu mengundang penyakit - penyakit yang lainnya. Oleh karena itu sebaiknya kita harus waspada dari penyakit tersebut, meskipun kita sudah dewasa, penyakit cacingan tetap saja berpotensi untuk menyerang orang dewsa.

Berikut adalah beberapa cara preventif untuk mencegah masuknya cacing kedala tubuh :
1. Biasakanlah ketika hendak makan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.
2. Jagalh kebersihan lingkungan sekitar karena cacing bisa tumbuh ditempat yang kuarng higienis.
3. Usahakan makanan yang kita makan bersih dan bebas dari yang namanya kotoran.
4. Potonglah kuku jika dirasa sudah panjang. Ini dilakukan untuk menghindari larva dan telur cacing yang bisa hidup ditempat tersebut.

Comments :

0 comments to “Gejala Cacingan Pada Orang Dewasa yang Harus Anda Ketahui”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.