Manfaat Buah Tin dan Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Advertisement
Artikel Kesehatan : Manfaat Buah Tin dan Zaitun untuk Kesehatan Tubuh - Buah merupakan beberapa jenis makanan yang sudah disediakan oleh alam. Kita selaku makhluk yang hidup di bumi ini pasti akan sangat membutuhkan buah - buahan yang sudah tersedia di alam tersebut. Hampir semua buah - buahan yang ada di permukaan bumi ini memiliki nutrisi - nutrisi tersendiri yang sangat dibutuhkan oleh tubuh makhluk. Termasuk di dalamnya : buah tin dan buah zaitun.

Pada kesempatan kali ini artikel yang akan saya sajikan kepada anda semua adalah berkaitan dengan buah tin dan buah zaitun. Dua jenis buah ini adalah buah yang memiliki manfaat besar dalam memenuhi kebutuhan dan kesehatan tubuh manusia. Di dalamnya terdapat kandungan - kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Buah Tin
Buah Tin adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak khasiatnya bagi tubuh. Jenis buah ini bisa dengan mudah ditemukan di beberapa kawasan di asia khususnya asia bagian barat karena asal muasal buah tin sendiri adalah dari asia barat, namun seiring dengan berjalannya waktu buah ini pun mulai menyebar ke kawasan - kawasan asia lainnya, salah satunya adalah Indonesia. Buah dengan nama latin Ficus Carsia ini sangat erat kaitannya dengan Islam dan buah ini pun dijelaskan dalam kitab suci agama Islam yaitu Al-Qur'an pada surat ke 95. Ini jelas menunjukan bahwa buah ini bukanlah buah yang biasa dan mempunyai kelebihan serta manfaat luar biasa untuk kehidupan.

Manfaat Buah Tin dan Zaitun untuk Kesehatan Tubuh
Buah Tin


Dari hasil riset dan penelitian yang dilakukan oleh California Fig Nutritional information, di dalam 100 gr buah Tin terdapat setidaknya 12 gram serat, ini lebih tinggi daripada serat yang terdapat pada jeruk dan apel yang mana masing - masing jumlah seratnya adalah 2 gr dan 1,9 gr. Perlu anda ketahui serat memiliki manfaat mengenyangkan bagi yang mengkonsumsinya sehingga buah ini cocok untuk mereka yang menjalankan puasa atau tengah melaksanakan diet. Lebih dari itu serat pun sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan sehingga mampu mencegah tubuh dari penyakit sembelit.

Penelitian tentang buah Tin pernah dilakukan juga oleh Dr. Oliver Alabaster dari George Washington Medical Centre, dia mengungkapkan bahwa jika seseorang mengambil buah tin maka dia sudah mengambil sesuatu yang menjamin kesehatan hidupnya untuk jangka panjang. Jadi intinya disini buah Tin tidak hanya sekedar memiliki khasiat saja, melainkan memiliki peranan penting dalam hal menjaga kesehatan dan mencegah penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat dan kandungan yang terdapat pada buah Tin :
1. Bagi anda yang hendak ingin menurunkan berat badan tidak ada salhnya untuk mengkonsumsi buah Tin. Di dalamnya mengandung serat yang sangat tepat dan efektif dalam program diet. Para dokter di amerika dan eropa biasanya akan merekomendasikan kepada seseorang yang hendak melakukan diet agar memasukan buah Tin kedalam programnya tersebut.

2. Meskipun Buah Tin tergolong kedalam buah yang memiliki rasa manis, namun buah ini tergolong istimewa. Para penderita diabetes bisa mengkonsumsi buah ini. Kandungan - kandungan yang terdapat di dalamnya mampu untuk mengatur kadar gula dalam darah serta mampu memperlambat proses penyerapan glukosa di usus.

3. Polyphenols yang terkandung di dalam buah Tin mampu menjadi antioksidan di didalam tubuh kita. Antioksidan berungsi untuk mengurangi efek dari segala bentuk zat yang bersifat radikal bebas. Kanker payudara dan kanker usus bisa dicegah dengan kita membiasakan mengkonsumsi jenis buah ini. Selain itu, kita tahu bahwa buah Tin mengandung serat, ini semakin menguatkan tubuh kita dari serangan penyakit kanker, karena serat ini ternyata mampu mengikat zat karsinogen yang jelas mampu menimbulkan kanker di tubuh.

4. Tidur merupakan salah satu jenis kegiatan yang penting untuk dilakukan. Jika tidak maka seseorang terancam dengan berbagai penyakit seperti animea dan lain - lain. Oleh karenanya maka seseorang harus setidaknya menyediakan waktu untuk tidur. Namun yang menjadi permasalahannya adalah ada seseorang yang memiliki penyakit insomia atau gejala sulit tidur. Solusi yang bisa dijadikan alternatif adalah dengan membiasakan mengkonsumsi buah tin, didalamnya terdapat kandungan tryptophan yang berfungsi untuk membantu memudahkan tidur serta menyingkirkan segala bentuk gangguan tidur.

Buah Zaitun 
Sama halnya dengan buah Tin, jenis buah ini pun memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Buah yang tumbuh dari sebuah pohon yang mampu bertahan puluhan hingga ratusan tahun ini, di dalamnya terdapat banyak sekali kendungan yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Mungkin kebanyakan dari kalian, jika ingat zaitun pasti hanya ingat minyak zaitunnya saja, sedangkan buahnya kalian kurang faham. Tapi sejatinya minyak tersebut berada didalam buah sehingga nutrisi - nutirisi buah zaitun pun tidak kalah dengan buah yang langsung dimakan bahkan bisa jadi itu lebih lengkap.

Manfaat Buah Tin dan Zaitun untuk Kesehatan Tubuh
Buah Zaitun
 Buat anda yang ingin tahu apa saja kandungan dan manfaat yang terdapat pada buah zaitu, anda bisa menyimak pemaparannya di bawah :

1. Bagi anda yang memiliki keinginan untuk mengontrol serta menurunkan berat badan maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah zaitun. Buah zaitun mengandung lemak tak jenih yang mampu mengusir lemak yang dapat mengusir lemak. Selain itu jika tujuannya agar menjaga tubuh tetap konsiten dan tidak terlalu banyak makan sehingga berpotensi mengalami yang namanya obesitas, buah zaitun mengandung serotonin, zat ini menjadikan tubuh anda menjadi selalu tetap meras kenyang  sehingga potensi dan hasrat keinginan anda untuk banyak makan akan berkurang.

2. Kanker merupakan sebuah penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi warga dunia. Bagaimana tidak? Banyak sekali orang yang telah meninggal akibat dari penyakit ini, mulai dari kanker hati, paru - paru, sampai kanker otak. Sekarang kanker belum ada obatnya, salah satu cara agar bisa terhindar dari penyakit ini adalah dengan membiasakn hidup sehat dan memperbaiki pola makan. Buah zaitun bisa dijadikan solusi untuk pencegahan kanker. Di dalam buah zaitu ada sebuah zat yang dikenal dengan nama lutein. Lutein ini mampu menghancurkan zat karsinogen penyebab kanker. Kanker yang dimaksud bisa berupa kanker payudara, kanker usus besar dan kanker perut.

3. Dengan mengkonsumsi buah zaitun anda bisa tercegah dari yang namanya penyakit jantung. Penyakit jantung adalah sebuah penyakit yang telah membunuh banyak orang. Itu dikarenakan banyak faktor yaitu gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Kandungan yang terdapat pada buah zaitun mampu untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan lemak jahat yang terdapat pada pembuluh darah arteri. Selain itu dengan mengkonsumsi buah zaitun itu mampu untuk mningkatkan kolesterol baik sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

4. Anda penderita asma? Cobalah untuk membiasakan mengkonsumsi buah zaitun, di dalamnya terkandung vitamin C yang mampu untuk mengurangi dan mengontrol gejala asma.


Comments :

0 comments to “Manfaat Buah Tin dan Zaitun untuk Kesehatan Tubuh”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.