Trypophobia itu apa si?

Advertisement
Sebenarnya trypophobia itu apa si? Apakah anda pernah mendengar kata tersebut? Baik. Sebelum membahas lebih jauh ke topik tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu apa si itu phobia. Phobia didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang mengalami suatu tekanan psikis (rasa takut) berlebihan terhadap suatu hal. Orang yang menderita phobia akan sangat terganggu dalam menjalani kehidupan sehari - harinya itu dikarenakan perasaan takut dan hati tidak tenang akan langsung menghampiri jika dia mendapati apa yang ditakutkannya muncul. Lebih dari itu terkadang itu malah dijadikan bahan leluconan teman - teman para penderita phobia sedangkan mereka tidak menyadari akan rasa takut mendalam yang dialami temannya tersebut.

Trypophobia itu sendiri adalah perasaan takut yang muncul seketika pada saat dia melihat lubang - lubang kecil yang memiliki pola teratur, beberapa contohnya adalah sarang lebah, sarang lebah dan lubang - lubang yang memiliki tipe sejenis itu. Jika anda merasa takut, tidak tenang dan merinding ketika melihat lubang - lubang seperti objek benda yang dikatakan di atas, maka bisa jadi anda menderita yang namanya trypophobia.

Beberapa kategori trypophobia di bawah mungkin bisa dijadikan sebagai gambaran umum tentang jenis phobia ini :

1. Permukaan Daging
Jenis lubang ini terjadi pada berbagai jenis jaringan, manusia dan hewan. Contoh paling gampang adalah pori-pori pada kulit manusia seperti komedo, bopeng, bekas jerawat atau gangguan kulit lainnya. Selain itu lubang-lubang di kulit yang disebabkan oleh makhluk hidup juga termasuk di dalamnya.

 

2. Makanan
Lubang yang terdapat pada beberapa jenis makanan. Keju merupakan contohnya, makanan ini memiliki lubang kecil - kecil yang teratur dan tampak jelas. Selain keju ada juga sarang lebah, anda bisa lihat sendiri lubang - lubang yang dibuat lebah sangatlah jelas dan terlihat cukup besar.



3. Bunga
Di beberapa jenis bunga terdapat juga yang namanya lubang - lubang kecil dan simetris yang bisa membuat orang yang melihatnya merasa takut dan merinding.


4. Geologi
Jenis lubang ini terjadi sebagai akibat dari pengaruh alam, sehingga pembentukannya pun terjadi secara alami. Contoh dari kategori ini adalah batu - batuan.



Menurut penelitian yang dilakukan oleh Arnold wikins dan Geoff cole, mengungkapkan bahwa perasaan tidak tenang yang diderita para trypophobic pada saat melihat lubang - lubang kecil bukan disebabkan karena rasa takut itu sendiri melainkan lebih ke arah ketidaksukaan atau bisa dikatakan jijik. Sampai sekarang pun para dokter tidak bisa memastikan apakah kondisi ini termasuk kedalam salah satu bentuk phobia atau bukan, meskipun pada kenyataannya banyak sekali orang yang memang menderita keanehan ini.

Jika anda merupakan salah satu penderita trypophobia ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi ini semua. Yang mana pengobatan untuk jenis penyakit ini hampir sama dengan pengobatan penyakit phobia pada umumnya. Beberapa jenis terapi bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang bisa dipergunakan untuk proses penyembuhan ini. Yang mana jenis terapi yang dipergunakan adalah terapi neurolinguistik (NLP), terapi prilaku kognitif dan terapi psikologis .

Comments :

0 comments to “Trypophobia itu apa si?”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.