Tanda dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil Beserta Solusi Terbaik Untuk Mengatasinya

Advertisement
Tanda dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil Beserta Solusi Terbaik Untuk Mengatasinya - Pada dasarnya kehamilan tidak benar - benar menyebabkan seseorang menderita anima. Ini tergantung dari kondisi tubuh orang itu sendiri. Ketika seorang wanita hamil maka si janin akan mengambil sebagian cadangan nutrisi dan sel - sel darah merah dari tubuh wanita hamil. Janin membutuhkan pasokan nutrisi dari si ibu tentunya untuk bisa bertahan hidup. Jika nutrisi dan gizi seorang wanita hamil bisa terpenuhi dengan maskimal maka resiko menderita animea pun bisa berkurang. 

Perlu anda ketahui ketika seorang wanita sedang menjalani kehamilannya, selain tubuh bekerja dan memberikan apa yang diperlukan untuk tubuhnya sendiri tetapi juga sekaligus memenuhi keperluan si janin yang ada di dalam kandungannya. Hal ini menyebabkan sumsum tulang belakang mengalami kekurangan zat besi yang berfungsi dalam pembentukan sel - sel darah merah. Lebih dari itu tubuh juga ternyata menemukan masalah dimana cadangan untuk mendukung kebutuhan si janin dan tubuh ibu menjadi berkurang. Pada saat tubuh mengalami kekurangan cadangan tersebut, janin masih tetap mengambil sebagian nutrisi dan sel - sel darah merah si ibu.  Akibatnya wanita hamil mengalami yang namanya anemia selama kehamilannya.


Animea adalah suatu keadaan dimana seseorng mengalami yang namanya kekurangan darah. Dan ini merupakan penyakit yang sering di alami oleh seorang wanita hamil. Ketika seseorang yang mengalami animea maka dia akan mengalami gejala - gejala yang dirasakan oleh tubuhnya. Beberapa gejala yang sering dialami para penderita bisa berupa sembelit, merasa mudah lelah, menderita pusing, sesak napas, penampilan pucat dan rambut rontok.

Nah untuk solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan di atas adalah melaui pencegahan sebelum masa kehamilan. Seorang wanita bisa membiasakan pola makan yang seimabang, dimana di dalamanya sudah tercakup yang namanya Zat besi pada setiap makanan yang dikonsumsinya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama zat besi berfungsi dalam pembentukan sel - sel darah merah. Disini saya merekomendasikan anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang berasal dari hewan, ya meskipun di dalam tumbuh - tumbuhan pun zat besi banyak sekali ditemukan. Namun yang menjadi alasannya adalah zat besi yang terkandung dalam hewan dapat diserap oleh tubuh hingga mencapai 15% ketimbang zat besi yang berasal dari tumbuh - tumbuhan yang hanya berkisar 3% an saja.    

Di atas adalah solusi mengatasi permasalahan animea sebelum masa kehamilan (Preventing), namun jika anda sudah masuk ke masa kehamilan ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.
  1. Konsumsilah makanan yang memiliki gizi lengkap dan mengandung mineral besi didalamnya. Susu, hati, ikan merupakan beberapa contoh makanan dan minuman yang kaya akan zat besi. Selain itu lengkapi juga makanan yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi seperti buah - buahan dan ikan. Di sisi lain hindari yang namanya kopi dan teh, minuman tersebut menyebabkan penyerapan mineral zat besi menjadi terganggu.
  2. Beristirahatlah yang cukup, ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan solusi yang tepat untuk menghindari resiko terkena animea.
  3. Konsumsi suplemen yang mengandung mineral zat besi. Ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah zat besi di dalam tubuh.


 





Comments :

0 comments to “Tanda dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil Beserta Solusi Terbaik Untuk Mengatasinya”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.