Gejala Penyakit Liver dan Pengobatannya

Advertisement
Gejala Penyakit Liver dan Pengobatannya - Penyakit liver yang sering dikenal pula sebagai penyakit hepatitis adalah salah satu penyakit yang sangat membahayakan dan merugikan para penderitanya. Penyakit ini menyebabkan salah satu organ tubuh manusia, yaitu hati tidak bisa berfungsi dengan normal. Kita tahu sendiri bahwa hati memiliki fungsi - fungsi yang sangat berperan penting dalam tubuh manusia, beberapa diantaranya adalah untuk mengubah makanan menjadi energi dan untuk menetralisir racun di dalam darah. Jika sekiranya organ hati rusak maka beberapa fungsi tubuh tersebut tidak akan berjalan dengan normal yang pada akhirnya akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh.

Jika ditinjau dari gejala - gejala awalnya, penyakit liver sangat sulit untuk diidentifikasi. Biasanya gejala - gejala ini akan muncul ketika permasalahan - permasalahan kerusakan fungsi hati sudah terjadi. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah anda menderita penyakit hati atau tidak adalah dengan langsung melakukan pemeriksaan fisik ke dokter terdekat.

Namun sebagai informasi buat anda dibawah akan saya informasikan gejala - gejala awal yang umumnya sering muncul ketika seseorang mulai terserang penyakit liver. Jika anda mulai merasakan gejala - gejala tersebut langsung konsultasikanlah kepada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

1. Penyakit kuning adalah salah satu dari beberapa tanda bahwa seseorang terserang penyakit liver. Penyakit kuning terjadi sebagai akibat terjadinya kerusakan pada empedu. Organ ini mampu menghasilkan cairan hijau kekuning - kuningan yang berfungsi untuk proses pencernaan di dalam tubuh. Ciri - ciri seseorang yang terkena penyakit kuning adalah perubahan warna kulitnya yang seolah - olah menjadi berwarna kuning. Selain itu bagian bola mata yang berwarna putihnya pun ikut berubah menjadi berwarna kuning.

2. Gejala lainnya yang menandakan seseorang terkenal liver adalah penurunan nafsu makan. Hal ini berimbas kepada penurunan berat badan secara tiba - tiba. Kondisi ini membuat keadaan si pasien semakin melemah dan mengalami yang namanya diare, muntah serta mual. Jika si pasien sudah menderita ulkus lambung, maka mereka akan melihat darah di muntah yang mereka keluarkan.

3. Air kemih yang dikeluarkan oleh seseorang yang menderita liver berwarna kuning gelap disertai bau yang sangat menyengat. Selain itu BAB si penderita juga mengalami ketidaklancaran. Perlu diketahui BAB yang bagus itu adalah BAB yang dilakukan pada pagi hari setiap harinya.

Itu merupakan beberapa gejala yang biasa dialami oleh seseorang yang menderita penyakit liver. Sebenarnya ada beberapa gejala lain yang biasanya dirasakan oleh para penderita seperti sakit kepala, pendarahan di hidung, pusing, lelah, dan lesu. Selain itu si penderita juga terkadang stress dan mudah sekali tersinggung.

Untuk pencegahan dan pengobatannya sendiri bisa dilakukan dengan melakukan suatu perbaikan pada pola kebiasaan hidup. Kebiasaan buruk tentunya sangat berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh salah satu diantaranya adalah kesehatan organ hati. Kebiasaan buruk tersebut bisa berupa mengkonsumsi minuman beralkohol, bersoda, makanan cepat saji dan makanan yang mengandung bahan pengawet. Tentu hal tersebut menjadi faktor utama yang  mempengaruhi kesehatan tubuh dan akan membuat penyakit mudah hinggap kedalam tubuh. Selain kebiasaan tersebut bisa merusak organ hati, ini juga memicu datangnya penyakit - penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung, obesitas, stroke, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya. 

Nah cara terbaik untuk pencegahan dan pengobatan penyakit liver yang bisa dilakukan adalah dimulai dari diri kita sendiri yaitu dengan membiasakan dan menerapkan pola makan yang sehat. Berikut beberapa cara yang tepat untuk mencegah sekaligus mengobati dari penyakit berbahaya ini.

Langkah pertama yang sangat baik dilakukan dalam rangka penyembuahn serta pencegahan dari penyakit liver adalah dengan menghindari diri dari yang namanya alkohol dan rokok. Ini teramat sangat membantu tubuh anda. Selain itu imbangi dengan pola makan yang bagus dan konsumsilah makanan yang kaya akan gizi. Ini membantu para penderita untuk memberikan energi untuk tubuh dan tentunya untuk memperlancar sirkulasi di dalam darah. 

Biasakanlah untuk mengkonsumsi sayur - sayuran hijau yang segar seperti  labu pahit, jamur, wortel, tomat, bayam dan kubis. Selain itu konsumsi juga buah - buahan, salah satu contohnya adalah pepaya. Pepaya merupakan obat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kerusakan hati. Selain mengoksumsi sayur - sayuran dan buah-buahan hindari kebiasaan memakan makan junk.

Sering - seringlah untuk melakukan olahraga. Kegiatan ini merupakan salah satu metode terbaik untuk mempertahankan hati yang sehat. Perlu anda ketahui olahraga membantu tubuh untuk membakar kalori di dalam tubuh dan akan meningkatkan stamina, lebih dari itu aliran di dalam darah pun akan menjadi semkin lancar. Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa anda pertimbangkan. Olahraga yang satu ini mampu mengurangi stress dan memberikan ketenangan pikiran. Selain itu membantu meningkatkan oksigen di dalam tubuh dan suplai darah ke otak.


Minumlah air sebanyak 8 - 10 gelas setiap harinya atau setara dengan 1,5 sampai 2 liter air tiap harinya. Air sangat membantu untuk mengurangi sekaligus mengatasi dari penyakit liver.

Comments :

0 comments to “Gejala Penyakit Liver dan Pengobatannya”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.