Penyebab Penyakit Lupus

Advertisement
Penyebab Penyakit Lupus - Lupus dapat didefinisikan sebagai penyakit radang parah yang mempengaruhi hampir semua bagian tubuh. Lupus juga dianggap sebagai penyakit autoimun, yaitu keadaan dimana sistem kekebalan tubuh tidak berjalan sesuai keadaan semestinya. Penyakit ini akhirnya dapat menyebabkan berbagai gangguan dan menghasilkan berbagai gejala. Tentunya ini sangat merugikan dan mengganggu kesehatan tubuh si penderitanya.

Perlu diketahui tubuh manusia yang sehat mempunyai antibodi yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi seperti serangan bakteri, virus dan berbagai antigen (benda asing yang bertanggung jawab untuk menyebabkan semua jenis penyakit). Namun anehnya, penderita lupus memiliki sistem kekebalan tubuh yang fungsinya berbanding terbalik dengan keadaan normalnya, sel-sel tubuh yang sehat tidak hanya memerangi agen infeksi melainkan sistem tubuhnya sendiri.  Sistem tubuh disini bisa berupa sistem  pernapasan, ekresi, pencernaan dan lain - lain.


Dalam kasus pasien lupus yang sering di jumpai, sistem kekebalan tubuh tidak mampu membedakan antara sel-sel tubuh yang sehat dan antigen, sehingga menyerang sel-sel tubuh secara acak dan brutal. Ketika antigen masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi, sistem kekebalan menghasilkan antibodi yang menumpuk di lokasi infeksi, menghancurkan sel-sel sehat dan jaringan yang bukan agen infeksi.

Penyebab Penyakit Lupus
Penderita Penykit Lupus
 
Meskipun ilmu kedokteran baru-baru ini meluncurkan informasi berkaitan cara lupus mempengaruhi tubuh manusia, namun penyebab sebenarnya dari penyakit ini masih belum diketahui. Dengan tidak adanya bukti medis yang jelas, dokter hanya dapat berteori saja dan itu pun didasarkan pada faktor-faktor penyebab lupus. Pada saat ini, diduga bahwa faktor genetik dan lingkungan mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan penyakit ini, meskipun faktor pasti dari penyakit ini masih menjadi misteri. 


Para ilmuwan dunia telah mengungkapkan fakta bahwa lupus bisa disebabkan oleh stress, emosional, disfungsi hormonal dan juga penggunaan antibiotik yang tidak tepat. Namun yang perlu diketahui disini penyebab - penyebab penyakit lupus bukan itu saja masih ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit lupus. Penelitian medis menunjukan fakta bahwa lupus memiliki karakter turun-temurun, ini  menunjukkan bahwa adanya implikasi kuat akan faktor genetik dalam menyebabkan jenis penyakit autoimun ini. Meskipun gen penyebab spesifik masih belum diketahui secara ilmu kedokteran, fakta bahwa lupus dapat ditularkan dari satu generasi ke generasi yang lain tidak bisa dipungkiri lagi. 

Hal yang menarik dari lupus adalah bahwa sebagian besar penderita penyakit lupus dalah dari jenis kelamin perempuan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga dapat menyerang laki-laki, disini hanya dilihat berdasarkan pengalaman dari banyaknya penderita yang ternyata dari jenis kelamin wanita.  

Menurut penelitian, lupus berkemungkinan besar terjadi di Afrika, Amerika, Indian dan wanita Asia, fakta ini didasari dari teori transmisibilitas genetik. Meskipun segala bentuk upaya tengah dilakukan oleh para ilmuwan medis dalam proses identifikasi penyebab pasti dari penyakit lupus, penyakit ini masih tetap saja diselimuti misteri. Namun para dokter optimis, mereka mengklaim bahwa faktor genetik yang saat ini dianggap sebagai pemicu utama lupus. Jika ilmu kedokteran sudah mampu mengungkapkan bagaimana cara lupus bekarja, dokter akan dapat membuat suatu keputusan dan pengambilan tindakan sehingga mampu membuat harapan bagi ribuan penderita lupus.

Comments :

0 comments to “Penyebab Penyakit Lupus”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.