Apa Itu Penyakit Lupus ?

Advertisement
Apa Itu Penyakit Lupus - Dalam ilmu kedokteran lupus adalah penyakit autoimun, yang mana penyakit ini mampu mempengaruhi dan merusak hampir seluruh sistem tubuh manusia seperti sistem pernapasan, ekresi, pencernaan dan lain - lain. Selain itu penyakit ini juga terkategorikan kedalam "self-allergy" dimana antibodi yang terdapat di dalam tubuh menyerang jaringan - jaringan sehat yang terdapat dalam tubuh itu sendiri. Dampak dari hal ini adalah bisa menyebabkan peradangan, rasa nyeri sampai kerusakan pada organ tubuh.

Pembagian Jenis Lupus

Secara umum lupus terbagi menjadi tiga jenis yang mana kesemuanya termasuk lupus yang sistemik, itu adalah lupus eritematosus (SLE), lupus eritematosus diskoid dan lupus akibat obat. Dari ketiga jenis lupus tersebut, lupus eritematosus (SLE) adalah yang paling sering ditemui. Selain itu jenis lupus ini adalah yang tergolong paling parah. Dampak yang diakibatkan dari lupus jenis ini adalah ruam kulit, rasa sakit pada bagian tubuh, peradangan pada artikulasi, rasa lelah dan kerusakan pada ginjal. 

Gejala Lupus 
Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh para penderita lupus diantaranya adalah kelelahan yang luar biasa, nyeri pada bagian persendian, nyeri otot, animea  sampai kerusakan pada organ - organ vital tubuh. Penyakit lupus ini termasuk penyakit yang memiliki dampak yang beranekaragam dan setiap orang yang menderita lupus akan mengalami gejala yang berbeda - beda antar satu dengan yang lainnya, tergantung dari penyebab penyakit lupus itu sendiri. Bahkan lupus dapat menyerupai dan meniru jenis penyakit lain seperti seklerosis dan rheumatoid arthritis, yang pada akibatnya akan sangat sulit sekali untuk mendiagnosa penyakit ini.

Pengobatan Penyakit Lupus
Pada dasarnya lupus bisa diobati, karena fakta dilapangan mengatakan sebagian besar para penderita lupus bisa diminimalkan gejala - gejala yang dideritanya apabila dilakukan perlakukan yang benar dan tentunya pengobatan yang efektif. Pengobatan disini dilakukan untuk mengurangi peradangan pada tubuh dan menjaga agar fungsi tubuh tetap normal dan berjalan dengan baik. Pengobatan lupus sendiri didasarkan pada gejala - gejala yang muncul pada diri si penderita karena perlu diketahui bahwa gejala dari penyakit lupus akan berbeda - beda untuk setiap penderintanya. Adapaun jenis pengobatannya adalah pemberian obat non-steroid anti inflamasi yang terdiri atas aspirin, ibuprofen  dan lain - lain.


Fakta tentang lupus
Dari data yang diperoleh, lebih dari 16.000 orang telah terinfeksi penyakit ini setiap tahunnya. Orang afrika berdarah amerika lebih sering dan paling banyak yang mendapatkan pengaruh negatif dari permasalahan ini dan rasio orang amerika berkulit putih dengan orang afrika berdarah amerika yang meninggal karena lupus adalah 1: 3. Lebih dari itu wanita lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang meninggal karena lupus.

Comments :

0 comments to “Apa Itu Penyakit Lupus ?”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.