Makanan yang Membahayakan Kandungan Ibu Hamil

Advertisement
Makanan yang Membahayakan Kandungan Ibu Hamil - Perlu kita ketahui bersama kehamilan merupakan suatu proses alami bagi seseorang namun tetap membuat suatu pengaruh signifikan bagi yang mengalaminya, namun pengaruh tersebut tidak akan berdampak negatif selama mereka memiliki gaya hidup yang baik dan seimbang dan tentunya juga dengan yang namanya dukungan keluarga. Seorang wanita hamil harus mengetahui makanan sehat apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk proses kehamilannya dan mampu memberikan yang terbaik buat si cabang bayi. Selain itu, mereka harus tahu juga makanan - makanan apa saja yang beresiko membuat kandungannya menjadi tidak aman bahkan sampai membahayakan bayinya. 

Makanan yang Membahayakan Kandungan Ibu Hamil

1. Daging yang Kurang Matang dalam Pembuatannya
Selama proses kehamilan hindarilah dari yang namanya daging yang kurang matang dalam proses pembuatannya karena makanan tersebut beresiko mengandung sebuah bakteri berbahaya yang mengancam kandungan ibu hamil. Salah satu bakteri yang paling sering menginfeksi adalah E. Coli atau Salmonella. Perlu diketahui salah satu resiko yang akan terjadi jika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh adalah gejala diare atau juga mual, bahkan lebih dari itu akan menyebabkan sesuatu yang lebih parah lagi seperti komplikasi yang pada akhirnya menempatkan posisi si bayi kedalam keadaan yang berbahaya, keguguran atau kelahiran prematur pun jadi resikonya.

2. Telur Mentah

Selanjutnya, makanan lain yang sekiranya harus dihindari oleh ibu hamil adalah telur mentah. Resikonya hampir sama seperti yang diinformasikan diatas, bakteri salmonella berpotensi ada di dalam telur mentah tersebut. Telur mentah dapat menyebabkan suatu bentuk keracunan makanan yang pada akhirnya dapat menyebabkan diare berat. Lebih dari itu persalinan prematur pun bisa menjadi salah satu resiko terberatnya. Selain itu, kategori makanan lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan atau minuman yang tidak di pasteurisasi. Susu merupakan salah satu diantaranya, meskipun susu termasuk kategori minuman yang sangat dianjurkan dan memiliki gizi yang bagus namun jika susu tersebut terkategorikan tidak di pasteurisasi memiliki potensi mengandung bakteri yang sangat berbahaya bagi tubuh salah satu contohnya adalah listeria. Bakteri ini merupakan yang paling bertanggung jawab atas beberapa penyakit setiap tahunnya.  Salah satu minuman yang memungkinkan mengandung listeria adalah susu mentah, jus yang tidak dipateurisasi dan berbagai jenis keju.
 
3. Ikan
Makanan selanjutnya yang harus dihindari oleh para wanita hamil adalah ikan. Memang kita mengetahui sendiri bahwasanya ikan adalah makanan yang kaya akan gizi dan memiliki kandungan yang sangat essensial bagi tubuh, namun yang perlu digaris bawahi disini adalah tidak semua ikan seperti itu adanya. Karena bagaimanpun juga ikan sangat berpotensi mengandung metil merkuri yang teramat sangat berbahaya bagi si bayi, beberapa diantaranya adalah kerusakan pada bagian otak dan juga masalah perkembangan.

4. Makanan atau minuman yang mengandung aspartam
Wanita hamil memang harus berhati - hati dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya, mereka harus jeli mana saja yang membahayakan dan mana yang tidak. Sebuah zat beracun kerap kali ditemukan pada sebuah makanan di pasaran, beberapa diantaranya adalah minuman ringan dan permen, didalam makanan terebut terkadang mengandung yang namanya aspartame, perlu diperhatikan disini produk kima tersebut berpotensi mengakibatkan sesuatu yang buruk bagi tubuh yaitu kanker.  

5. Kopi
Kopi merupakan minuman yang nikmat dan hampir setiap orang menyukainya, namun bagi para ibu hamil sebaiknya mempertimbangkan kembali dalam hal konsumsi kopi tersebut. Perlu diingat, kopi mengandung kafein yang memiliki fungsi sebagai stimulan. Zat ini mampu meningkatkan tingkat jantung, tekanan darah dan produksi urin. Selain itu kafein juga memapu mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewasapadaan. Namun yang perli diperhatikan disini adalah kemampuan kafein yang mampu melintasi plasenta dan tentunya ini dapat mempengaruhi si cabang bayi didalam kandungan, bayi akan mengalami suatu bentuk kegelisahan. Bagi para ibu hamil yang memang sudah terlanjur dan teramat berat meninggalkan kopi, salah satu cara yang tepat adalah dengan membatasi meminum kopi. Dalam artian disini bukan menghindari kafein sepenuhnya, cukup 1 cangkir kopi sehari dan itu pun harus jelas juga berapa kadar kafein untuk tiap cangkirnya.

Comments :

0 comments to “Makanan yang Membahayakan Kandungan Ibu Hamil”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.