Tips Hidup Sehat untuk Ibu Menyusui

Advertisement
Tips Hidup Sehat untuk Ibu Menyusui - Ketika seorang ibu tengah menyusui anaknya maka teramat sangat penting bagi mereka untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Karena bagaimanapun juga seorang ibu yang menyusui lebih membutuhkan suplai kalori dibandingkan dengan yang tidak menyusui. Adapun nutrisi yang diperlukan oleh wanita yang sedang menyusui adalah dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan tentunya dibarengi dengan istirahat yang cukup. Pada saat menyusui maka seorang ibu akan memproduksi susu dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga untuk menyeimbangkn itu semua seorang ibu yang sedang menyusui perlu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Perlu diingat juga pastikan bahwa wanita yang sedang menyusui mendapatkan suplai asam lemak esensial, karena ini sangat penting untuk perkembangan otak si bayi. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi kacang - kacangan, biji - bijian dan sayur - sayuran.

Wanita yang sedang menyusui memerlukan 2.500 kalori setiap harinya, bahkan jika sekiranya wanita yang menyusui bayinya lebih dari tiga bulan maka suplai kalorinya pun harus sedikit ditambah, mereka membutuhkan sekitar 2.800 kalori setiap harinya. Dalam mengkonsumsi makanan, alangkah lebih baiknya untuk seorang ibu hamil agar memakan makanan berprotein serta banyak memakan sayur - sayuran. Dalam mengkonsumsi ikan harus sedikit dibatasi, ini dilakukan untuk menghindari resiko polutan dan merkuri yang biasanya terdapat pada ikan. Aturan umum untuk ibu menyusi adalah mereka harus mengkonsumsi setidaknya 1 gram protein untuk setiap pon berat badan.

Seorang ibu yang sedang menyusui tentu perlu mendapatkan nutrisi dan gizi yang cukup, namun bukan berarti mereka menambah porsi setiap kali makan. Langkah yang bagus adalah dengan cara menyebarkan waktu makan mereka. Ibu menyusui lebih baik makan lima kali per hari yang mana di dalamnya mencakup makanan sehat seperti sayur dan buah - buahan. Seorang ibu menyusui setidaknya sarapan pagi, snak sehat di waktu pagi, makan siang, snak sehat di sore hari dan makan malam yang bergizi. Lebih dari itu seorang ibu hamil juga perlu mendapatkan suplai vitamin B9 atau lebih dikenal asam polat. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara mengkonsumsi kubis, jagung dan bayam. Selain itu Jus jeruk juga kaya akan asam folat dan tentunya mengandung nutrisi penting lainnya yaitu vitamin C.

Konsumsilah supplemen yang bervitamin jika sekiranya dokter menyarankan. Walaupun sebenarnya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bis didapat dari memakan makanan seperti sayuran dan lainnya. Tapi meskipun demikian terkadang memang supplemen juga diperlukan. Tapi dalam mengambil supplemen lebih baiknya ikuti apa yang diinstruksikan oleh dokter.

Untuk seorang ibu yang sedang menyusui setidaknya mereka harus minum 3 liter air setiap hari karena air tersebut sangat penting dalam produksi ASI. Dehidrasi adalah sesuatu yang akan sangat mudah terjadi pada seorang ibu yang sedang menyusui, untuk mengatasi itu semua maka harus meningkatkan konsumsi air. Tapi yang perlu diperhatikan disini jangan pula meminum air lebih dari 3 liter karena itu akan membuar air ASI menjdi lebih encer dan tentunya itu bukanlah sesuatu yang bagus.

Comments :

0 comments to “Tips Hidup Sehat untuk Ibu Menyusui”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.