Apa Penyakit Meningitis Itu ?

Advertisement
Apa Penyakit Meningitis Itu ? - Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput otak sebagai akibat dari infeksi oleh bakteri dan virus. Organisme tersebut mampu menginfeksi otak karena berhasil menembus selaput otak. Perlu diketahui bakteri dan virus yang masuk tersebut bisa datang dari berbagai macam sumber. Dua jenis yang paling umum dari penyakit meningitis adalah meningokokus dan pneumokokus. 

Penyakit meningitis tergolong penyakit yang sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik dan benar. Jika ditemukan gejala atau tanda seseorang mengalami meningitis maka dia harus dilarikan kerumah sakit dan mendapatkan perawatan yang intesif. Tiga pertanda awal seseorang yang mengalami mengitis adalah demam tinggi, leher yang terasa kaku dan terjadi perubahan kondisi kejiwaan yang mengakibatkan si penderita menjadi bingung. Tidak menutup kemungkinan gejala lain pun bisa saja muncul, termasuk didalamnya sakit kepala intens, muntah, nyeri di daerah persendian dan fotofobia. Pada stadium akhir akan muncul lagi gejala yang lebih parah seperti penglihatan kabur, kehilangan pendengaran, kejang dan kehilangan kesadaran.

Apa penyakit meningitis itu ?

Jika seseorang di curigai menderita meningitis, langkah awal yang akan dokter lakukan adalah melakukan CT scan otak dan juga melakukan tes pungsi lumbal. Tes pungsi lumbal di dalamnya melibatkan pengambilan sampel cairan yang diambil dari tulang belakang yang disebut cerebral spinal fluid (CSF). Cairan CSF nantinya akan diperiksa oleh seorang ahli mikrobiologi atau Konsultan penyakit menular untuk melihat apakah cairan tersebut  mengandung bakteri atau virus yang terkait dengan meningitis. Pasien kemudian akan diberikan perlakuan salah satunya pemberian antibiotik intravena yang nantinya akan membunuh sel-sel bakteri. 

Dalam perkembangannya infeksi meningitis tergolong sangat cepat, oleh karenanya sangat penting sekali jika ada seseorang yang terinfeksi virus/bakteri penyebab meningitis untuk mendapatkan penanganan cepat  agar si penderita memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sehat seperti sediakala, salah satu tindakan yang tepat adalah pemberian antibiotik. Antibiotik ini memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab meningitis dan juga mampu mengurangi pembengkakan pada otak. Keterlambatan pemberian antibiotik pun sangat berpengaruh besar terhadap kesembuhan si penderita, bahkan bisa jadi sangat fatal jika keterlambatannya tersebut sangat jauh dari waktu yang seharusnya diberikan penanganan.   

Dari penelitian medis yang telah dilakukan para peneliti melihat beberapa faktor yang sangat menentukan seberapa besar pasien akan sembuh dari meningitis. Faktor-faktor yang sangat berperan penting dalam kesembuhan seorang penderita meningitis adalah usia, ruam, rendah tingginya skor koma glasgow dan jumlah sel darah putih. Namun diantara faktor - faktor tersebut ada satu lagi yang sangat berfengaruh terhadap kesempatan sembuh penderita meningitis, dan ini adalah yang paling penting yaitu pemberian terapi antibiotik. Penundaan dalam pemberian antibiotik dalam banyak kasus menyebabkan permasalahan lebih lanjut, seperti meningkatkan kemungkinan pasien menderita gejala - gejala neurologis permanen dan yang paling parah adalah kematian.

Comments :

0 comments to “Apa Penyakit Meningitis Itu ?”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.