Tips melatih kecerdasan otak bayi

Advertisement
Tips  melatih kecerdasan otak bayi - Ketika seorang bayi terlahir kedunia, otak dan sistem sarafnya mulai bekerja. Dia mulai belajar mengenali tubuhnya dan tempat dimana dia tinggal. Meskipun secara sepintas kita melihat bayi dalam aktivitasnya hanya tidur saja, namun pada kenyataannya otak dan sistem saraf bayi terus bekerja dan bisa dikatakan meruapakan salah satu aktivitas paling sibuk dalam hidupnya dan ini terjadi  sampai dia  berumur 2,5 tahunan. Otak bayi dikatakan sibuk bekerja karena pada saat itu dia mulai belajar untuk memproses informasi - informasi dan mengembangkan keterampilan baru. Seorang bayi mulai belajar bagaimana cara menggerakan tubuhnya, belajar tentang siapa saja orang - orang terdekatnya dan belajar mengenal kata - kata baru dalam hidupnya.

Pada saat anak berusia 0 sampai 2 tahun, orang tua memiliki kesempatan besar untuk merangsang otak anak,  selain karena sebagian besar waktunya dihabiskan dengan si anak tetapi juga otak anak masih sangat segar dan siap untuk menerima sesuatu yang baru.

Tips  melatih kecerdasan otak bayi

Berikut adalah beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk merangsang otak anak:

1. Luangkanlah waktu sebanyak mungkin dengan bayi di tahun pertama.
Tahun pertama adalah waktu yang teramat penting bagi si bayi ini merupakan tahap awal proses keterikatan antara bayi dan orang tuanya, terutama ibu. Jika ibu dan ayah meluangkan banyak waktu di rumah pada tahun pertama bayi, maka si bayi akan merasakan hubungan yang lebih nyaman dengan orang tuanya tersebut. Ini merupakan awal yang baik untuk dilakukan dalam rangka memberikan suatu keterikatan antar orang tua dan bayi.

2. Berikan ASI kepada si bayi sebanyak mungkin.
Perlu anda ketahui ASI memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh bayi, terutama dalam hal perkembangan otak dan sistem saraf. Selain itu ASI juga memberikan kekebalan tubuh si bayi dari yang namanya serangan virus dan bakteri, lebih dari itu ini akan meningkatkan keterikatn dan hubungan batin antara si ibu dan bayinya. Dala penelitian yang pernaha dilakukan ternyata orang dewasa yang pada saat bayinya diberikan ASI oleh ibunya memiliki tingkan kecerdsan lebih tinggi dibandingkan mereka yng tidak diberikan ASI oleh ibunya.

3. Sentuhlah bayi anda bila memungkinkan.
Tindakan fisik berupa sentuhan kepada bayi merupakan salah satu cara yang bagus untuk merangsang otak si bayi. Pijat bayi merupakan salah satunya. Pijat bayi sangat memberikan manfaat positif bagi si bayi, itu dapat merelaksasikan, meningkatkan proses pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur. Namun yang perlu diperhatikan disini jangan sembarang juga, perlu sekiranya anda tahu cara yang benar dalam memijat bayi. Mungkin anda bisa berlajar kepada instruktur pijat bayi yang terpercaya atau mungkin bisa juga belajar dari buku atau video yang membahas tentang itu.

4. Layani kebutuhan bayi Anda pada waktu yang tepat.
Mungkin beberapa diantara anda semua berfikir, bagaimana bisa melayani si bayi, dianya saja belum bisa berbicara?. Memang ini bisa dikatakan benar, namun salah jika anda menaganggap bayi tidak bisa berkomunikasi. Menangis merupakan salah satu contohnya. Ketika bayi menangis itu menandakan dia berkomunikasi dan tengah membutuhkan sesuatu baik itu berupa kenyamanan, makanan, popok dan lain - lain. Nah jika ini terjadi silahkan perhatikan apa yang sebenarnya dia butuhkan, dan jika sudah tahu, langsung layani kebutuhan si bayi tersebut. Dengan anda merespon semua kebutuhannya maka ini akan menjadikan si bayi belajar bahwa dirinya ada dan bernilai.

5. Perdengarkanlah suatu alunan suara ke pada si bayi
Alunan suara merupakan cara yang bagus untuk merangsang otak bayi. Semakin banyak suara yang diperdengarkan kepada si bayi maka akan semakin banyak stimulasi juga yang diterima oleh otaknya. Alunan suara disini pun bukan berarti semua hal yang berkaitan dengan suara, melainakn sesuatu yang memberikan efek positif buat otak si bayi. Lantunan ayat suci Al - Qur'an merupakan salah satu contonhya. Jika ayat - ayat Al - Qur'an dibacakan dengan tartil dan tajwid yang benar itu terbukti akan menghasilkan frekuensi dan panjang gelombang yang sangat berpengaruh positif untuk otak. Lebih dari itu bacaan Al-Qur'an dapat memberikan efek ketenangan, kreatifitas dan kekebalan tubuh. Karena bagaimanapun juga Al - Qur'an adalah kallam Allah yang bisa menjadi obat mujarab untuk mengatasi segala sesuatu, salah satunya dalam hal mencerdaskan otak.

Comments :

0 comments to “Tips melatih kecerdasan otak bayi”

Post a Comment

Artikel Terbaru

Recent Post no Thumbnail by Artikel Kesehatan Dunia
Powered by Blogger.